HEADLINE NEWS

Pilihan Dakri News

LightBlog
Adbox

Popular

Kunker Komisi I DPRD Kota Medan ke Pemkab Sergai

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Kabupaten Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.Si, menyambut kunjungan kerja Komisi I DPRD Kota Medan, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Kamis, (06/08/2020).

Membuka sambutannya, Kasatpol-PP Fajar Simbolon menyampaikan apresiasi kepada DPRD Komisi I Kota Medan yang telah memilih Pemkab Sergai sebagai lokasi kunjungan kerja terkait proses percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ia kemudian menyampaikan presentasi perihal fungsi dan tugas Satpol-PP dalam perannya sebagai salah satu bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau yang sekarang disebut sebagai Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

“Satpol-PP mempunyai 3 tugas utama yaitu penegakan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Selain itu, Satpol-PP Kabupaten Sergai juga memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dibentuk sesuai dengan Perbup nomor 528/18/35/2018,” jelasnya sambil menambahkan jika TRC memiliki tugas untuk menerima dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan serta mendokumentasikan serta membuat laporan hasil tidaklanjut penanganan pengaduan masyarakat kepada Bupati Sergai.

Terkait proses penanganan Covid-19 di Kabupaten Sergai, Fajar menyebut Satpol-PP telah melakukan serangkaian aksi preventif untuk mencegah penyebaran pandemi yang semakin luas.

“Kami aktif melakukan penyemprotan disinfektan di jalan protokol, jalan-jalan perumahan masyarakat dan rumah ibadah serta lingkungan perkantoran pemerintah di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai,” jelasnya.

Selain itu, Fajar juga menyebut jika Satpol-PP juga sudah melakukan patroli kewilayahan dengan mengimbau kepada masyarakat untuk mempedomani protokol kesehatan.

“Imbauan yang kami sampaikan sesuai dengan protokol kesehatan agar masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan yang dilakukan di pusat-pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, warnet dan kafe,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Drs. H. Akmal, AP, M.Si, yang ikut hadir dalam kegiatan ini menginformasikan jika sampai hari ini Sergai sudah memasuki zona merah akibat peningkatan angka sebaran positif Covid-19 yang cukup drastis belakangan ini.

“Hingga saat ini, ada total 58 kasus positif Covid-19 di Sergai dengan rincian 22 orang terkonfirmasi positif, 35 orang sudah dinyatakan pulih dan 1 kasus kematian. Dapat bersama kita lihat, walaupun angka kasus positif cukup tinggi, namun diikuti juga dengan tingginya jumlah warga yang dinyatakan sembuh dan jumlah kematian yang tetap tidak bertambah,” sebutnya.

Akmal juga menyampaikan jika sudah terbentuk kluster baru di Kabupaten Sergai pasca bertambahnya jumlah korban positif yang merupakan tenaga medis dan pasien di rumah sakit pemerintah. “Merespons hal tersebut, Gugus Tugas akhirnya mengambil keputusan untuk menghentikan sementara pelayanan medis di RS tersebut terhitung mulai hari ini sampai 2 minggu kedepan. Tim Gugus Tugas juga sedang melakukan pembahasan terkait tindakan yang akan diambil terhadap salah satu perusahaan swasta yang beberapa karyawannya dinyatakan positif beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Rudianto,S.Pd.I mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Sergai terutama Satpol-PP dan Dinas Kominfo dalam proses penanganan Covid-19. Ia juga berharap pandemi yang terjadi dapat berakhir segera.

“Mari kita berdoa, memohon kepada Allah SWT agar Covid-19 ini dapat segera dihapuskan dari bumi Sergai, kota Medan dan dari seluruh dunia, sehingga kita dapat kembali beraktivitas secara normal. Bagaimana pun pandemi ini tentu saja menciptakan kesulitan dan ganjalan, namun dengan kerjasama seluruh stakeholder, kita berharap dapat mengakhiri tantangan ini dengan baik,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini para anggota DPRD Komisi I juga menyampaikan beberapa pertanyaan dan saran terkait proses penanganan Covid-19.

Ikut hadir dalam kegiatan para Anggota Komisi I DPRD Kota Medan dan para pejabat di Satpol-PP Kabupaten Sergai.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *