HEADLINE NEWS

Pilihan Dakri News

LightBlog
Adbox

Popular

Sekwan Ujung TombakArah Kinerja Wakil Rakyat

Pelaksanaan seminar nasional Asosiasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) Tahun 2019 diikuti sebanyak 800 peserta yang terdiri dari para sekretaris DPRD (Sekwan) dan beberapa staf DPRD dari 250 kabupaten/kota se-Indonesia atraktif di Le Polonia Hotel, Jalan Sudirman Medan, Jumat (6/9). Diharapkan para beserta jajarannya dapat meningkatkan mutu dan kapasitas dalam bekerja terlebih dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan para anggota dewan. Dengan demikian, DPRD dapat menjalankan tupoksinya secara optimal, efektif, dan transparan.
            Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi hadir dalam seminar nasional yang dibuka Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Hadi Prabowo. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Sekjen Kemendagri didampingi Wakil Wali Kota dan Ketua Umum ASDEKSI Tri Puguh Priyadi.
            Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa sekwan memiliki peranan dan menjadi unsur penting dalam DPRD. Terlebih dalam bidang legislasi, penganggaran dan pengawasan. Hal ini bilang Wakil Wali Kota, mutlak dibutuhkan agar DPRD dapat bekerja secara efektif, efesien dan transparan sehingga bermuara pada peningkatan performa kinerja sebagai wakil rakyat yang bertugas menerima dan menampung aspirasi masyarakat.
            “Keberadaan sekwan menjadi ujung tombak terhadap arah kinerja para wakil rakyat di DPRD sekaligus menjadi jembatan penghubung yang bagi para anggota dewan. Oleh karenanya, lewat seminar nasional ini kami berharap, sekwan dapat saling bertukar pikiran dan melakukan evaluasi sehingga memberi dampak yang signifikan bagi kebaikan dan kemajuan ASDEKSI, diri sendiri khususnya untuk DPRD,” kata Wakil Wali Kota.
            Selanjutnya, dalam seminar nasional yang mengangkat tema “Sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta penyusunan perencanaan anggaran pada sekretariat DPRD” tersebut, Wakil Wali Kota berpesan agar sekwan dapat membangun dan menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah masing-masing. Sebab, hal ini dibutuhkan guna merumuskan dan menyamakan persepsi dalam membahas segal hal yang berkaitan dengan kemaslahatan hidup masyarakat.
            “Pemerintah dan DPRD punya tanggungjawab besar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap hubungan baik dapat kita bina bersama agar setiap pekerjaan dan kebijakan yang dilakukan dapat dijalankan dengan penuh kehati-hatian, jelas, terukur dan terarah demi kepentingan masyarakat di daerah masing-masing, khususnya Kota Medan. Tanggungjawab besar ada di pundak kita semua,” bilang Wakil Wali Kota.
            Sementara itu, Sekjen Kemendagri RI Hadi Prabowo mengingatkan bahwa para sekwan harus dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara professional. Sebab, sekwan juga menjadi jembatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dengan harapan dapat dipenuhi dan diwujudkan. Tentunya, hal ini pesan Hadi, menjadi sebuah tantangan dan cambuk untuk menjadi, melakukan dan memberikan yang terbaik.
"Sekwan harus dapat mewujudkan harmonisasi legislatif dan eksekutif. Untuk itu pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang sangat berguna bagi para Sekwan dalam menjalankan tugas dan fungsinya guna membangun daerah masing-masing menjadi lebih maju bersama pemerintah daerah setempat", jelas Hadi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *